Selasa, 16 Oktober 2012

GEORGIUS AGRICOLA (1494-1555)

Ia merupakan orang pertama yang melakukan penelitian secara mendalam pada ilmu pertambangan dan batu batuan. sesungguhnya ia adalah seorang dokter, namun buku buku yang ditulisnya tentang pertambangan sangat berpengaruh
lahir dengan nama Georg Bauer di Glachau, sebuah kota kecil di perbukitan Erzgebirge Jerman. ia tumbuh dewasa ketika umat manusia baru saja mengenal "buku".
ayahnya seorang tukang celup dan pedagang barang-barang wol. ia baru bisa masuk perguruan tinggi saat usianya mencapai 20 th. umur yang wajar untuk masuk perguruan tinggi di jaman itu adalah 15 sampai 15 th. ia lulus dari Universitas Leipzig pada tahun 1515 dan melanjutkan bekerja di Universitas itu dengan mengajar dasar dasar bahasa Yunani. pada waktu itu pula ia mengganti namanya kedalam bahasa latin., seperti yang biasa dilakukan oleh para cendekiawan pada saat itu. Bauer berarti petani yang dalam bahasa latin petani adalah  Agricola.
untuk meneruskan pendidikannya ia pergi ke italia. disana ia mempelajari karya karya klasik dibidang kedokteran dan filsafat. ia jadi sangat tertarik ketika menemukan kemungkinan adanya daya penyebuhan pada beberapa batuan yang berlimpah ruah di tanah kelahirannya, Erzgebirge.
ia kembali kejerman sebagai seorang dokter dan menjadi ahli medis Di Joachimstahl, sebuah kota yang sekarang bernama Jachyrnov, berada diwilayah Cekoslovakia. Kota ini berkembang pesat menjadi salah satu kota pertambangan utama di Eropa dan terkenal sebagai penghasil perak. mata uang perak buatan Joachimsthal disebut thaler, dan inilah asal mula kata dolar.
Ketenaran Agricola sangat menonjol dibang pertambangan dan geologi. karyanya yang terpenting adalah De Re Metallica yang sangat teliti menerangkan teknik teknik pertambangan di jamannya. karya ni terbit  dalam 12 jilid di tahun 1556 setahun setelah ia meninggal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar