Senin, 08 Juli 2013

BALASAN KEJUJURAN

Bagi setiap muslim diperintahkan untuk berlaku amanah dan memiliki ahlak yang baik serta yang terpuji. Barang siapa yang melakukan sifat sifat tersebut, niscaya akan mendapat balasan yang setimpal. baik didunia maupun diakhirat.
BArang siapa yang meninggalkan khianat dan pekerjaan yang tercela lainnya karena Allah dengan segenap kejujuran dan keiklasan, maka Allah akan menggantinya dengan kebaikan yang berlimpah.
Ada seorang laki laki yang membeli tanah perkebunan dari seseorang. Suatu ketika orang tersebut menemukan sebuah guci di areal tanah yang baru dibelinya itu. Guci terebut ternyataberisi perhiasan emas yang cukuplumayan jumlahnya.
Dengan segera orang itu menemui pemilik tanahsebelumnya yang dulu menjual kepada dirinya.
"Ambilah emasmu yang telah kutemukan, sebab aku hanya membeli tanah perkebunan, tidak termasuk membeli emas itu " katanya.
"Aku menjual tanah itu berikut apa yang ada didalamnya, maka guci berisi emas itu pun sudah menjadi hakmu", jawab pemilik tanah terdahulu menolak. Ia menganggap tanah yang dijualnya berikut apa yang ada didalamnya sudah sah menjadi milik sang pembeli tanah, meskipun ada barang berharga yang ia sendiri tak tahu.
Kedua orang itu saling tak mau menerima emas itu, mereka sama sama menganggap bahwa barang itu bukan haknya.
Akhirnya mereka meminta keputusan hukum kepada orang lain yang dianggap bijaksana dan mengerti.
"apakah kalian berdua memiliki anak?"  tanya orang yang dimintai pendapat itu.
"aku memiliki seorang anak laki laki", jawab orang yang membeli tanah itu.
"aku mempunyai seorang anakperempuan", sahut orang yang menjual tanah tersebut.
"nikahkanlah anak laki lakimu dengan anak perempuannya dan nafkahkanlah kepada keduanya emas itu, serta bersedekahlah" kata orang itu memberi nasihat.
akhirnya kedua pria tersebut pulang kerumah masing masing dan segera menjalankan nasihat dari orang bijak tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar