Rabu, 10 Juli 2013

MANUSIA BERUNTUNG

"bersegeralah kamu kepada ampunan Tuhanmu dan surga yang seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang orang bertaqwa... yang menafkahan hartanya diwaktu lapang atau sempit... yang menahan amarahnya dan memaafkan orang. Allah menyukai orang orang yang berbuat kebajikan, "(QS Ali 'imran [3]:133-134).

Namun Allah masih mengasihi hama hambanya yang bertbat dengan beberapa nasihat dan peringatan. FirmanNya :"Hai anak adam, sesungguhnya Kami telah menuurnkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk pehiasan. Dan pakaian taqwa itulah yang paling baik.ang demikian itu adalah sebagian dari tanda tanda kekuasaan Allah, mudah mudahan mereka  selalu ingat. Hai anak adam janganlah sekali kali kamu dapat ditipu oleh setansebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapamu dari Surga, ia menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepadanya kedua auratnya. Sesungguhnya dia dan pengilkut pengikutnya melihat kamudari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya kami telah menjadikan setan setan itu pemimpin peminpin bagi orang orang yang tidak beriman. Dan apabila meereka melakukan perbuatan keji, mereka berkata:'kami mendapati nenek moyang kami mengerjakan yang demikian, dan Alloh menyuruh kami mengerjakannya.' Katakanlah: 'Sesungguhnya Alloh tidak menyuruh mengerjakan perbuatan yang keji.' Mengapa kamu mengada adakan terhadapa Allah apa yang tidak kamu ketahui?.'Katakanlah:'Tuhanku menyuruh menjalankan keadilan.' Dan katakan:'luruskanlah muka (diri)mu di setiap salat dan sembahlah Allah dengan mengiklaskan ketaatanmu kepadaNya. Sebagaimana Dia telah menyiptakan kamu pada permulaan demikian pulalah kamu akan kembali kepadaNya.'Sebagian diberi diberiNya penunjuk dan sebagian lagi telah pasti kesesatan bagi mereka. Sesungguhntyameraka menjadikan setan setan pelinding mereka selain Allah dan mereka mengirim bahwa mereka mendapat penunjuk"' (QS al-A'raf [7]:26-30)

Allah Rabbil Alamin juga mengajarkan ahlak, etika, sopan santun dalam berpakaina dan  makan untuk beribadah kepadaNya. FirmanNya: "hai anak cucu Adam, pakailah pakaianmu yang indah disetiap memasuki masjid, makan dan minumlah, dan jangan berlebih lebihan. Sesugguhnya Alloh tidak menyukai orang rang yang berlebihan. Katakanlah: 'Siapakah yang mengharamkan perhiasan dari Allah yang telah dikeluarkanNya untuk hamba hambaNya dan siapa pulakah yang mengharamkan rezeki yang baik?' Katakanlah: 'Semua itu disediakan bagi orang orang yang beriman dalam kehiduan dunia, kusus untukmereka dihari kiamat'. Demikianlah kami menjelaskan  Kami menjelaskan ayat ayat itu bagi orang yang mengetahui. katakanlah: 'Tuhanku hanya mengharamkan perbuatan yang keji, baik yang nampak ataupun tersembunyi, dan perbuatan dosa, melangar hak manusia tanpa alsan yang benar, mengharamkan mempersekutukan Allah dengan sesutu yang Allah tidak menurunkan hujjah untuk itu dan mengharamkan mengada adakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui."(QS al-A'raaf [7]:
31-33).

beberapa prestasi iblis dan antek anteknya menjerumuskan manusia kejalan kesesatan, sebagaimana dikisahkan Allah dalam al-Quran, diantaranya adalah menanamkan sifat serakah dan ingkar kepada perintah Allah di hati Nabi Adam dan Ibu Hawa a.s. Namun berbeda  dengan iblis, begitu Bapak dan Ibu manusia Adam dan Hawa melakukan satu dosa, memakan buah terlarang, mereka langsung diusir dari surga. tidak diberi tangguh sedikitpun dan tidak diberi umur panjang. "Kami berfirman: 'Turunlah kamu semua dari surga itu!' Dan, jika datang petunjukKu kepadamu... niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka, dan tidak pula mereka bersedih hati," (QS al Baqoroh [2]:38). kemudian Adam meneriama beberapa kalimat dari Tuhannya, maka Allah menerima tobatnya,"(QS al Baqoroh [2]:37). kalimat itu ialah: "Ya Tuhan kami telah menganiaya diri sendiri, dan jika engkau tidak mengampunidan menberi rahmat kepad kami, niscaya kami termasuk orang orang yang merugi," (QS al A'raaf [7]:23).
itulah keberuntungan orang beriman: bahagia didunia dan akhirat.

keberuntungan anak cucu Adam dan Hawayang beriman kepada Allah, dosa dosanya hanya dihukum didunia inidan diakhirat tinggal menerima pahalanya. Berbeda dengan iblis dan para pengikutnya, mereka diberi keleluasan bermaksiat didunia ini sesuka hawa nafsunya dan azabnya ditangguhkan didunia, mereka disiksa diakherta selamnya. maka, "Bersegeralah kamukepada Tuhanmu dan surga yang seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang orang bertaqwa... yang menafkahan hartanya diwaktu lapang atau sempit... yang menahan amarahnya dan memaafkan orang. Allah menyukai orang orang yang berbuat kebajikan, "(QS Ali 'imran [3]:133-134).

Bahkan, Rasulullah yang dijamin masuk surga dan diampuni dosa dosanya pun, sebagai manusia beliau juga bertobat kepada Allah, sabdanya,''Wahai manusia! bertobatlah kepda Allah. demi Allah, sesungguhnya aku menyatakan tobat dalam sehari lebih dari 70 kali,''(HR Bukhari-Muslim)."Allah tidak mengutus rasul rasul sebelummu (Muhammad), melainkan mereka sungguh memakan makan dan berjalan dipasar pasar. Dan, kami jadikan sebagian kamu cobaan bagi sebagian yang lain,'' (QS al-Furqan [25]:20.

Itu sebabnya, kenapa para Nabi dan Rasul diutus kedunia juga sebagai manusia biasa seperti kita. tidak lain, agar mereka juga mampu merasakan sejuknya air dan pansnya api seperti manusia, agar mereka mudah memahami kita dan mampu menyampaikan risalahNya kepada kita, sehingga kita juga mudah mengikuti suriteladan hidupnya dijalanNya yang lurus itu.

Mahasuci Engkau ya Allah, ya Tuhan kami, dengan memujiMu ya Allah, ampinilah aku, Subhanaka Allahumma Rabbanna wa bihamdika. Allahummaghfirli. semua kebenaran dan kebaikan yang saya sampaikan datangnya dari Allah Azza wa Jalla. selain dari itu datangnya dari saya sendiri. Maafkan dan ampuni lahir batin kami. Kalau bukan Enagkau yang mengampuni kami, sesungguhnya kami adalah hambaMu juga. engkaulah tuhan yang kami sembah. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar